HomeArtikelBeritaCek Disini Apa saja Syarat Akreditasi Klinik!

Cek Disini Apa saja Syarat Akreditasi Klinik!


Akreditasi Klinik adalah merupakan suatu mekanisme regulasi yang tujuannya adalah untuk mendorong upaya peningkatan kinerja serta mutu pelayanan Klinik yang dilakukan oleh lembaga independen yang telah diberikan kewenangan oleh Kemenkes (Kementerian Kesehatan) Republik Indonesia.

Klinik wajib melakukan akreditasi berdasarkan Permenkes RI No. 34 Tahun 2022 Tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

akreditasi klinik

Pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 terdapat perubahan dan penegasan dari peraturan sebelumnya, yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2015 tentang Akreditasi Pelayanan Kesehatan. Beberapa poin penting dalam peraturan ini antara lain:

  • Penambahan kriteria akreditasi untuk pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan, unit transfusi darah yang sebelumnya hanya berfokus pada Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi.
  • Pengaturan lebih detail mengenai prosedur akreditasi dan persyaratan akreditasi yang harus dipenuhi oleh setiap jenis pelayanan kesehatan yang dimaksudkan. Akreditasi untuk layanan kesehatan di atas harus dilakukan paling lambat setelah beroperasi dua tahun sejak memperoleh perizinan berusaha untuk pertama kali
  • Penegasan bahwa sertifikasi akreditasi harus diperbarui setiap 5 tahun yang terkandung dalam pasal 4. Dalam penyelenggaraan akreditasi pemohon harus melampirkan salinan dokumen badan hukum, dokumen struktur organisasi dan tata kelola lembaga penyelenggara akreditasi serta surat pernyataan komitmen terakreditasi (pasal 7(2)).
  • Penegasan bahwa pusat kesehatan masyarakat harus memenuhi kriteria pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan tingkat lanjut.
  • Penegasan bahwa tempat praktek mandiri dokter dan tempat praktek mandiri dokter gigi harus memiliki fasilitas dan peralatan kesehatan yang memadai sesuai dengan standar pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan akreditasi akan dilakukan oleh lembaga penyelenggara akreditasi yang melaksanakan survei akreditasi, penetapan standar biaya survei dan penyempurna dari Permenkes tersebut.

Peraturan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia dengan memastikan bahwa setiap layanan kesehatan memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Digitalisasi Layanan Klinik Pengaruhi Akreditasi?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunawan menginisiasi program 6 pilar transformasi yang terdiri atas Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Tentu kebijakan transformasi ini akan mempengaruhi dalam penilaian akreditasi klinik. Apalagi dengan adanya Platfrom Aplikasi SATUSEHAT. Fakta ini menujukan bahwa seluruh Fayankes yang ada harus merubah Haluan mengunakan digital dalam melakuakan pelayanan Kesehatan.

Medisin adalah salah satu Sistem Informasi Manajeman Klinik (SIIM-KLINIK) yang telah sesuai dengan standar akreditasi. Dengan fitur Rekam Medis Elektronik, Integrasi seluruh unit layanan, dan telah terintegrasi denga PIhak Ketiga (Pcare – BPJS dan SATUSEHAT).

Ayo gunakan Medisin bantu mudahkan akreditasi klinik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan sistem yang terintegritas berbasis web dan aplikasi. Mengelola segala kebutuhan bisnis klinik dengan harga terjangakau.

Menu

© 2024 Medisin, Sistem Manajemen klinik. All Rights Reserved