HomeArtikelBeritaSosialisasi Sistem Manajemen Puskesmas dan Public Safety Care

Sosialisasi Sistem Manajemen Puskesmas dan Public Safety Care

Tim Medisin telah menyelenggarakan sosialisasi Sistem Manajemen Puskesmas dan Public Safety Care kebeberapa Dinas kesehatan di wilayah Sumatra Utara pada Rabu (3/8) hingga Jumat (5/8). Sosialisasi ini meliputi Dinas Kesehatan Batu Bara, Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat dan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Peran puskesmas sangat penting dalam membantu kinerja dari instansi kesehatan seperti rumah sakit, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal diperlukan pembangunan sistem layanan kesehatan yang dapat meningkatkan kinerja puskesmas. Maka daripada itu, puskemas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat membutuhkan dukungan sistem informasi dalam penyelenggaraan manajemen Puskesmas.

Meskipun sistem teknologi informasi sekarang sudah begitu canggihnya, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada cukup banyak Puskesmas yang dalam manajemen dan pelayanannya masih belum berbasis sistem komputer.

Padahal, dengan beralih ke sistem komputer dan memanfaatkan sistem informasi Puskesmas, pelayanan dan manajemen akan tertata dengan lebih baik, mudah, dan cepat. Dengan menggunakan sistem informasi Puskesmas, pasien dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi dan prosedur pelayanan Puskesmas.

Bagi pihak internal Puskesmas pun, staf akan lebih cepat mengakses data pasien, memantau aktivitas, dan mengambil keputusan, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal. Semua tadi akan semakin efektif jika sistem informasi Puskesmas adalah berbasis website karena sama-sama mudah diaksesnya melalui perangkat komputer dan smartphone.

Baca Juga : Optimalkan Pelayana Pasien Dengan Digitalisasi Manajemen Bisnis Klinik

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 31 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Puskesmas. Diharapkan ketersediaan data dan informasi secara cepat, akurat, terkini, berkelanjutan dapat terwujud, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.

Selain itu, Kementrian Kesehatan telah melakukan launcing Platfrom Satu Sehat. Ini adalah salah satu wujud transformasi dari 6 pilar Mentri Kesehtan yaitu pilar transformasi sistem teknologi dan bioteknologi kesehatan. Nantinya dalam Platform ini akan menjadi wadah sistem informasi kesehatan seluruh rakyat Indonesia.

Hal-hal ini lah yang melatarbelakangi tim Medisin melakukan sosialisasi Sistem Manajemen Puskesmas dan Public Safety Care. Denagan menjalakan sistem ini tentu akan membantu pemerintah daerah untuk bisa mengambil langkah preventif menjaga kesehatan masyarakat. Serta menjadi pelopor Patner sistem dalam mewujudkan tranformasi kesehetan Indonesia.

Medisin adalah Platform Sistem Informasi dan Manajemen layanan kesehatan Masa depan. Dengan inovasi dan memiliki berbagai fitur dapat memudahkan tenaga kesehatan untuk menajalanakan sistem dan manajemen. Sehingga dapat memberikan pelayana optimal kepada para pasien.

Fitur-fitur yang dimiliki Medisin meliputi User Friendly, Intuitive Design, Intelligent Expert dan terhubung dengan pihak ketiga (BPJS & Pcare BPJS). Bersamaan dengan itu, Medisin juga akan menjadi pathner sistem Indonesia Health Service (IHS) atau Paltform Satu Sehat.

Mari beralih dengan mengunakan sistem informasi dan manajeman layanan kesehatan untuk mewujudkan kemajuan kesehatan Indonesia. Bersama Medisin Klinik MASA DEPAN, Kita wujudkan Transformasi sistem kesehatan Indonesia.

sosialisasi Sistem Manajemen Puskesmas dan Public Safety Care

Lihat juga : PROMO SPESIAL MERDEKA


Reference

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id

https://ejurnal.teknokrat.ac.id

https://pusdatin.kemkes.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan sistem yang terintegritas berbasis web dan aplikasi. Mengelola segala kebutuhan bisnis klinik dengan harga terjangakau.

Menu

© 2024 Medisin, Sistem Manajemen klinik. All Rights Reserved